mari kita masakkan makanan yang bergizi dan enak untuk keluarga kita di musim pandemi covid-19 ini...

Manfaat Kapulaga




MANFAAT KAPULAGA

Sama seperti jenis jahe-jahe lainnya, kapulaga juga dapat dijadikan sebagai bumbu masakan. Tapi di samping manfaatnya sebagai penyedap rasa, kapulaga memiliki sekian banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat kapulaga untuk kesehatan yang sebaiknya Anda ketahui.
1. Mengurangi stres
Manfaat kapulaga yang kesatu ialah untuk membetulkan suasana hati dan meminimalisir stres. Kapulaga ampuh sebagai obat herbal yang mempunyai sifat antidepresan. Mengonsumsi dan menghirup wewangian kapulaga diandalkan dapat menyerahkan efek sedatif atau menenangkan. Konsumsi kapulaga secara teratur dapat terus menciptakan mood kita membaik dan kita dapat mengurangi dan menghindari stres.
2. Melancarkan pencernaan
Manfaat kapulaga selanjutnya ialah sangat baik untuk mengawal saluran pencernaan. Kapulaga adalah salah satu jenis rempah dengan kandungan serat yang tinggi. Terdapat kandungan 2 gr serat untuk masing-masing satu sendok kapulaga. Maka dari itu, kapulaga paling baik dikonsumsi guna melancarkan pencernaan.
Bagi kita yang mempunyai masalah sembelit atau susah buang air besar, kapulaga dapat menjadi di antara solusi untuk menanggulangi masalah tersebut. Selain menanggulangi sebelit, kapulaga juga berfungsi untuk mengawal kesehatan perut lainnya seperti mengontrol empedu dan asam lambung, menanggulangi nyeri perut, menanggulangi kejang usus, sampai memperbaiki nafsu makan.
3. Mencegah infeksi
Manfaat kapulaga yang ketiga ialah menjaga tubuh dari sekian banyak penyakit dampak infeksi. Kapulaga mempunyai sifat antimikroba, sampai-sampai kapulaga dapat untuk melawan sekian banyak jenis bakteri, virus, dan jamur tertentu yang dapat menyebabkan infeksi dan gangguan dalam tubuh. Bisa disebutkan bahwa kapulaga ialah salah satu jenis obat herbal yang ampuh untuk menambah sistem kekebalan tubuh.
4. Obat nyeri
Manfaat kapulaga lainnya ialah ampuh dijadikan sebagai obat sekian banyak jenis nyeri. Kapulaga mempunyai sifat analgesik yang dapat untuk meredakan rasa nyeri. Di samping itu, kapulaga ternyata mempunyai sifat anti inflamasi yang dapat menyembuhkan sekian banyak macam peradangan yang barangkali mejadi penyebab nyeri yang dirasakan.


Beberapa penyakit yang dapat diatasi oleh kapulaga antara lain ialah sakit gigi, gusi bengkak, sakit kepala, nyeri otot, nyeri sendi, dan tidak sedikit gangguan tubuh lainnya.
5. Baik guna tulang
Manfaat kapulaga yang kelima ialah untuk mengawal kesehatan tulang. Kapulaga berisi sejumlah nutrisi yang diperlukan tulang. Beberapa di antaranya ialah seperti vitamin C dan pangan. Zat-zat ini memiliki guna untuk mengawal kepadatan tulang dan kesehatan tulang. Kepadatan tulang yang terjaga bakal menghindarkan kita dari penyakit osteoporosis.
6. Menjaga kesehatan ginjal dan drainase kencing
Sebelumnya dilafalkan manfaat kapulaga yang ampuh dijadikan sebagai obat sembelit. Ternyata di samping sebagai obat sembelit, kapulaga pun ampuh untuk menuntaskan masalah buang air kecil. Kapulaga mempunyai sifat diuretik yang bermanfaat untuk mengawal kesehatan ginjal Anda.
Salian itu, kapulaga ampuh untuk menangkal penyakit seperti infeksi drainase kemih (sistitis) dan peradangan pada ginjal (nefritis). Kesehatan ginjal dan drainase kemih yang terjaga bakal sangat menolong dalam kelancaran sistem ekskresi tubuh.
7. Mengobati batuk dan pilek
Manfaat kapulaga selanjutnya ialah dapat mengobati batuk dan pilek. Kapulaga dapat memberikan efek mendinginkan dan membantu mencairkan dahak. Pernapasan juga menjadi lebih lancar. Rasa dari kapulaga mampu untuk menyerahkan efek hangat sampai-sampai Anda juga dapat terhindar dari kedinginan.
8. Kesehatan mulut dan tenggorokan
Menjaga kesehatan mulut dan tenggorokan ternyata adalah salah satu guna kapulaga. Kapulaga dengan sifat anti inflamasinya dapat meredakan fenomena seperti sariawan sampai radang tenggorokan.

sumber :  Asyifa H.

resep masakan, masak masakan, makanan, bubur, resep, resep gado gado, resep cilok, masakan nusantara, resep masakan jawa, masak masakan kue, resep masakan indonesia, masakan indonesia, memasak kue, resep takoyaki, resep masak cumi, resep nasi kuning, resep nasi bakar, resep kue lapis, resep udang, resep cumi, resep bubur ayam, resep puding, resep ayam penyet, resep bakwan, resep sambal, resep es krim, resep seblak, resep brownies kukus, resep brownies, cara membuat kue kering, resep kue basah

Subscribe to receive free email updates: