mari kita masakkan makanan yang bergizi dan enak untuk keluarga kita di musim pandemi covid-19 ini...

Manfaat Andaliman dan Kadungannya



Dunia Herbal Manfaat Andaliman Dan Kandungannya

Andaliman adalah bumbu masak khas Asia yang berasal dari kulit luar buah. Bumbu ini di Indonesia hanya dikenal untuk masakan Batak, sehingga dikenal orang luar daerah ini sebagai "merica batak". Masakan khas Batak seperti arsik dan saksang memerlukan andaliman sebagai bumbu yang tak tergantikan.
Selain digunakan sebagai rempah/ bumbu untuk memasak, ternyata andaliman mengandung senyawa terpenoid yang mempunyai aktivitas antioksidan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan berperan penting untuk mempertahankan mutu produk pangan (pengawetan) dari berbagai kerusakan seperti ketengikan, perubahan nilai gizi serta perubahan warna dan aroma makanan. Selain itu senyawa terpenoid pada andaliman juga dapat dimanfaatkan sebagai antimikroba. Hal ini memberikan peluang bagi andaliman sebagai bahan baku senyawa antioksidan atau antimikroba bagi industri pangan dan farmasi (Wijaya, 1999).
Untuk kandungan dan komposisi Gizi/ nutrisi, Andaliman mengandung energi sebesar 99 kilo kalori, protein 4,6 gram, karbohidrat 18 gram, lemak 1 gram, kalsium 383 miligram, fosfor 107 miligram, dan zat besi 2,9 miligram. Selain itu di dalam Andaliman juga terkandung vitamin A sebanyak 0 IU, vitamin B1 3 miligram dan vitamin C 14,7 miligram. Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Andaliman, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.
Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Andaliman :
Banyaknya Andaliman yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Andaliman yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Andaliman = 99 kkal
Jumlah Kandungan Protein Andaliman = 4,6 gr
Jumlah Kandungan Lemak Andaliman = 1 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Andaliman = 18 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Andaliman = 383 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Andaliman = 107 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Andaliman = 2,9 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Andaliman = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Andaliman = 3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Andaliman = 14,7 mg
(Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya)
Andaliman dapat digunakan menjadi senyawa aromatik dan minyak esensial. Masyarakat Himalaya, Tibet dan sekitarnya menggunakan Andaliman sebagai bahan aromatik, tonik, perangsang napsu makan dan obat sakit perut (Hasairin, 1994). Manfaat lain buah andaliman berdasarkan penelitian adalah sebagai insektisida untuk menghambat pertumbuhan serangga Sitophilus zeamais. Efeknya berupa daya tolak makan serangga atau mengurangi selera makan serangga (Andayanie, 2000). Sedangkan di Jepang, Daun Andaliman digunakan untuk pemberi aroma (Tensiska, 2001).

Mungkin selama ini kita hanya mengetahui bahwa Andaliman hanya digunakan sebagai rempah/ bumbu untuk masakan saja, namun ternyata ada beberapa khasiat yang memungkinkan untuk kita manfaatkan dari Andaliman .
Manfaat andaliman untuk kesehatan:
a)     Sebagai antioksidan alami yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh terhadap segala serangan radikal bebas
b)      Sebagai penambah darah alami
c)      Melancarkan peredaran darah dan menghindari penggumpalan
d)     Menyehatkan mata dan menjernihkan pandangan
e)      Menguatkan tulang dan gigi
f)       Menjaga kinerja otak
g)      Mencegah kulit wajah pucat 
h)      Melancarkan menstruasi atau datang bulan
i)        Sebagai bahan untuk aroma terapi

sumber : Ayik A. N. A.

resep masakan, masak masakan, makanan, bubur, resep, resep gado gado, resep cilok, masakan nusantara, resep masakan jawa, masak masakan kue, resep masakan indonesia, masakan indonesia, memasak kue, resep takoyaki, resep masak cumi, resep nasi kuning, resep nasi bakar, resep kue lapis, resep udang, resep cumi, resep bubur ayam, resep puding, resep ayam penyet, resep bakwan, resep sambal, resep es krim, resep seblak, resep brownies kukus, resep brownies, cara membuat kue kering, resep kue basah

Subscribe to receive free email updates: