mari kita masakkan makanan yang bergizi dan enak untuk keluarga kita di musim pandemi covid-19 ini...

Manfaat Daun Salam Koja


Manfaat daun salam koja


Selain digunakan dalam beberapa masakan, salam koja juga mempunyai berbagai khasiat karena mengandung vitamin dan beberapa nutrisi penting. Berikut adalah 10 manfaat salam koja bagi kesehatan.


1. Mengatasi anemia

Manfaat daun salam koja yang pertama adalah kemampuannya dalam membantu mengobati penyakit anemia. Anemia bukan hanya kekurangan zat besi dalam tubuh Anda, tetapi juga ketidakmampuan untuk menyerap dan menggunakan zat besi secara efisien. Selain kaya akan zat besi, daun salam koja juga banyak mengandung asam folat. Asam folat inilah memainkan peran penting. Makan dua lembar daun kari sehari dapat memberikan pertolongan pada pasien anemia


2. Untuk kesehatan mata

Daun kari banyak mengandung vitamin A. Vitamin ini mengandung karotenoid yang melindungi kornea. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan pada mata termasuk rabun senja, kehilangan penglihatan dan formasi awan.



3. Menurunkan kolesterol LDL

Studi menunjukkan bahwa daun kari yang dikemas dengan antioksidan dan karenanya mencegah oksidasi kolesterol. Hal ini berarti pembentukan LDL atau kolesterol jahat dalam tubuh dapat diminimalkan untuk sebagian besar. Sebaliknya, daun kari membantu meningkatkan produksi kolesterol baik hdl untuk mencegah aterosklerosis dan penyakit jantung.

4. Melindungi organ hati
Kebiasaan minum produk berenergi, minuman bersoda, minuman alkohol, dan minuman kemasan lainnya dapat menyebabkan kerusakan pada hati. Daun kari dapat melindungi kamu dari ancaman kerusakan tersebut. Salam koja mengandung kaempferol, Vitamin A dan C yang mana nutrisi ini membantu merangsang hati untuk berfungsi dengan lancar.

5. Mengobati diare
Manfaat daun salam selanjutnya adalah kemampuannya sebagai obat yang baik untuk diare. Alkaloid dalam daun karbazol hijau tersebut mengandung anti-bakteri dan anti-inflamasi. Kamu juga dapat mengkonsumsi ekstrak daun salam dalam bentuk bubuk untuk mengobati masalah diare.
6. Memperkuat rambut
Berbagai masalah pada rambut seperti penipisan, beruban dan kerusakan rambut lainnya menjadi masalah yang sering dihadapi baik pria maupun wanita pada saat ini. Daun salam koja siap memberikan pertolongan yang bahkan kemampuannya juga dapat mengusir ketombe. Kamu dapat mengkonsumsi daun salam atau juga menerapkannya pada kulit kepala untuk memperkuat poros rambut.

7. Melawan diabetes
Daun kari tidak hanya mengurangi kadar gula darah dalam tubuh, tetapi juga menjaga dalam mengontrol tingkat kadar gula yang sehat. Konsumsi daun saka koja efektif untuk menurunkan resiko diabetes.

8. Bagus untuk sistem pencernaan
Sudah sejak zaman dahulu manfaat daun salam koha dikenal untuk memperlancar pencernaan. Daun ini membantu dalam penyerapan yang tepat pada lemak dan dengan demikian juga membantu menurunkan berat badan pada orang yang obesitas.

9. Minimalkan efek samping dari kemoterapi
Kemoterapi dan radioterapi telah menjadi mekanisme pengobatan yang tak terelakkan untuk kanker yang dapat menimbulkan efek lain. Namun, efek sampingnya bisa diminimalisir dengan konsumsi daun salam koja. Daun ini dapat melindungi tubuh Anda dari efek buruk dari perawatan ini. Asupan salam koja melindungi kromosom dan sumsum tulang serta mencegah produksi radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan lebih kanjut pada tubuh.

10. Menyembuhkan infeksi kulit
Daun kari memiliki anti-oksidan, anti-bakteri dan anti-inflamasi. Oleh karena itu, manfaat daun salam koja juga dapat digunakan sebagai obat yang bagus untuk infeksi dan jamur pada kulit termasuk jerawat dan permasalahan pada kuku.

Mungkin mencari daun salam akan tidak mudah terutama untuk kamu yang tinggal diperkotaan. Cobalah untuk mencarinya di pasar tradisional terdekat. Demikian khasiat dan manfaat daun salam koja yang luar biasa untuk kesehatan.

sumber : Abu G. A. F.

resep masakan, masak masakan, makanan, bubur, resep, resep gado gado, resep cilok, masakan nusantara, resep masakan jawa, masak masakan kue, resep masakan indonesia, masakan indonesia, memasak kue, resep takoyaki, resep masak cumi, resep nasi kuning, resep nasi bakar, resep kue lapis, resep udang, resep cumi, resep bubur ayam, resep puding, resep ayam penyet, resep bakwan, resep sambal, resep es krim, resep seblak, resep brownies kukus, resep brownies, cara membuat kue kering, resep kue basah

Subscribe to receive free email updates: