mari kita masakkan makanan yang bergizi dan enak untuk keluarga kita di musim pandemi covid-19 ini...

Manfaat dan Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan



Manfaat dan Khasiat Cengkeh untuk Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal cengkeh? Salah satu rempah-rempah yang khas berasal dari Indonesia ini sering menjadi bumbu masakan untuk para ibu rumah tangga. Kegunaannya tidak hanya sampai disitu. Rempah yang satu ini bisa dijadikan bahan campuran untuk teh karena sifatnya dapat membuat tubuh Anda menjadi hangat. Selain itu, jenis rempah ini berukuran kecil berwarna coklat ini juga menjadi salah satu komoditi terbesar yang diekspor oleh pemerintah.
Apa saja kandungan alami yang terdapat dalam cengkeh? Tangkai bunga kering ini mengandung sejumlah senyawa menyehatkan yang bisa Anda dapatkan. Kandungan alaminya berupa beberapa vitamin seperti vitamin C dan A, zat besi, kalium, natrium, fosfor, senyawa eugenol, dan masih banyak lagi. Rempah yang satu ini juga sering diolah ke dalam bentuk minyak agar dapat dengan mudah digunakan dalam segala keperluan, termasuk keperluan dalam dunia kesehatan.
1.    Anti oksidan alami
Manfaat cengkeh yang pertama yaitu dapat menjadi bahan alami untuk mencegah efek radikal bebas. Hal ini didukung oleh sifatnya yang mempunyai fungsi anti oksidan. Anda pun tidak akan mudah diserang penyakit akibat radikal bebas.
2.    Mengatasi radang di tubuh
Khasiat cengkeh sangat cocok untuk mengatasi peradangan di tubuh. Kandungan alami yang terdapat di dalamnya akan membuat radang Anda mereda serta mengurangi rasa sakit yang sering ditimbulkannya pada tubuh.
3.    Obat nyeri sakit gigi
Manfaat cengkeh juga sangat baik untuk digunakan sebagai obat pereda rasa nyeri ketika sakit gigi. Jika Anda ingin mencoba obat yang alami untuk meredakan sakit gigi, maka rempah pilihan yang satu ini merupakan solusi sehatnya.
4.    Mencegah bau mulut dan badan
Khasiat cengkeh dengan wanginya yang khas akan membantu Anda dalam mengatasi bau mulut serta bau badan berlebih. Bisa jadi bau tidak sedap yang muncul dari tubuh Anda merupakan akibat dari jenis makanan yang Anda konsumsi.
5.    Melancarkan pencernaan
Manfaat cengkeh cocok digunakan untuk Anda yang mengalami pencernaan tidak lancar. Rempah sehat yang satu ini bisa Anda jadikan obat alami untuk membuat pencernaan lancar tanpa adanya penyakit penyumbatan pencernaan.
6.      Mencegah sulit buang air besar
Jika Anda mengalami kesulitan saat buang air besar, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan cengkeh. Kandungan sehat yang alami di dalam rempah ini ampuh untuk melancarkan buang air besar dengan teratur.
7.      Mengatasi wasir
Cegah penyakit wasir mulai dari sekarang dengan cengkeh. Penyakit ini bisa Anda hindari jika Anda rutin mengonsumsi rempah sehat yang satu ini. Namun perlu diingat jika Anda hanya perlu mengonsumsinya jika hanya mengalami gejala wasir saja.
8.      Menghilangkan rasa mual
Rasa mual seringkali membuat Anda merasa ingin muntah. Hal ini bisa Anda hindari dengan mengonsumsi air seduhan dari cengkeh. Rasanya yang hangat dan segar akan menurunkan rasa mual serta eneg di perut Anda.
9.      Obat alami flu dan pilek
Kandungan alami dalam cengkeh terdapat sejumlah anti virus. Kegunaan ini sangat cocok dijadikan media untuk mengobati pilek serta flu yang menyerang tubuh Anda. Anda dapat membuat teh dari seduhan rempah ini ketika flu menyerang.
10.  Menyehatkan organ jantung
Kesehatan organ jantung bisa Anda dapatkan dari rempah yang bernama cengkeh. Kandungannya yang alami dengan banyak senyawa sehat di dalamnya akan meningkatkan kesehatan jantung dan mencegahnya dari serangan penyakit jantung.


Selain 10 manfaat dan khasiat cengkeh untuk kesehatan, ada lagi 10 manfaat lainnya dari biji ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

10 Manfaat dan Khasiat Cengkeh Lainnya:
  • Menyehatkan sistem pernapasan
  • Obat batuk dan sakit tenggorokan
  • Mengatasi nyeri persendian
  • Mencegah penyakit sinusitis
  • Mengatasi jerawat
  • Menghilangkan flek dan keriput di wajah
  • Menyehatkan rambut
  • Mencegah kerontokan rambut
  • Melancarkan aliran darah
  • Mencegah penyakit hipertensi
Itulah 20 manfaat dan khasiat cengkeh untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan memanfaatkan khasiat biji yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan, karena kesehatan jaman sekarang merupakan hal yang mahal. 

sumber : Obat H.

resep masakan, masak masakan, makanan, bubur, resep, resep gado gado, resep cilok, masakan nusantara, resep masakan jawa, masak masakan kue, resep masakan indonesia, masakan indonesia, memasak kue, resep takoyaki, resep masak cumi, resep nasi kuning, resep nasi bakar, resep kue lapis, resep udang, resep cumi, resep bubur ayam, resep puding, resep ayam penyet, resep bakwan, resep sambal, resep es krim, resep seblak, resep brownies kukus, resep brownies, cara membuat kue kering, resep kue basah

Subscribe to receive free email updates: