mari kita masakkan makanan yang bergizi dan enak untuk keluarga kita di musim pandemi covid-19 ini...

Manfaat Kayu Secang bagi Kesehatan



Manfaat Kayu Secang bagi Kesehatan
1.      Menangkal radikal bebas
Batang sedang mengandung antioksidan tinggi yang berguna untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Jenis antioksidan yang ada juga berbentuk flavonoid yang fungsinya sama dengan manfaat dari polifenol.
2.      Penyerapan vitamin C
Kayu secang juga bermanfaat untuk membantu tubuh dalam menyerap vitamin C. Ini berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan maksimal. Kalau anda sering sakit seperti flu, demam dan batu. Mungkin anda perlu asupan vitamin C yang baik. Minuman secang bisa membantu tubuh untuk menyerap vitamin C dengan baik yang berasal dari berbagai makanan.
3.      Sebagai antibiotik alami
Selanjutnya manfaat kayu secang adalah sebagai antibiotik alami. Kandungan flavonoid yang tinggi bermanfaat sebagai antibiotik alami yang melawan berbagai racun dan bakteri dalam tubuh.
4.      Menyehatkan dinding usus
Minuman dari batang secang mengandung tannin yaitu senyawa anti bakteri yang berguna untuk mengusir bakteri jahat dalam tubuh. Kalau dikonsumsi dengan rutin maka air kayu secang bisa menjaga kesehatan usus dan mencegah serta mengobati peradangan dan infeksi akibat bakteri dalam usus.
5.      Menghentikan pendarahan
Jika anda terluka dan mengeluarkan banyak darah, gunakan saja air serutan kayu secang. Kandungan flavonoid dalam kayu ini bermanfaat untuk menghentikan pendarahan dan membantu penyembuhan dengan cepat, anda cukup menyiram air tersebut pada luka. Kalau anda memiliki minyak esensial dari kayu secang, ini juga bisa dioleskan pada luka untuk menghentikan pendarahan.
6.      Mengobati diabetes tipe 2
Diabetes tipe 2 adalah penyakit gula yang banyak di alami masyarakat Indonesia. Mengkonsumsi sesuatu yang mengandung saponin adalah langkah baik untuk mengobati gejala ini. Kayu secang mengandung saponin tinggi yaitu zat yang memberikan rasa pahit pada tanaman. Mengkonsumsi minuman dari serutan kayu secang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja insulin sehingga baik dalam mencegah diabetes tipe 2.
7.      Obat Alami Anti nyeri
Manfaat kayu secang selanjutnya adalah sebagai obat anti nyeri. Untuk mendapatkan obat anti nyeri dari kayu secang perlu dilakukan pengekstrak-an dari kayu tersebut. Anda juga bisa membeli minyak atsiri kayu secang yang tersedia di toko-toko obat.
8.      Mengobati kanker prostat
Saponin dan flavoniod adalah dua senyawa yang mampu memberikan reaksi penyembuhan bagi kanker prostat. Kabar baiknya, dalam kayu secang mengandung kedua jenis senyawa ini. Maka mengkonsumsi minuman secang bisa membantu masalah ini.
9.      Baik untuk jantung
Mengkonsumsi minuman dari kayu secang baik untuk kesehatan jantung yaitu mencegah serangan jantung. Khasiat batang secang yang membantu penyerapan vitamin C secara optimal baik untuk mencegah penebalan pembuluh arteri pada jantung. Inilah alasan kenapa kayu secang berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung.
10.  Menangkal radikal bebas
Free radical atau radikal bebas adalah penyebab kerusakan sel dan kulit. Mengkonsumsi minuman dari batang secang bermanfaat untuk menghilangkan radikal bebas dalam tubuh. Polifenol yang bertindak sebagai antioksidan berperan besar dalam penangkalan ini. Kinerja polifenol mirip dengan polifenol dalam teh hijau.
11.  Manfaat kayu secang tak hanya itu saja, ada manfaat lain yang tidak mungkin kami jelaskan secara rinci. Berikut kita lihat apa saja potensi manfaat dan khasiat dari kayu secang.


15 Manfaat kayu secang lainnya bagi Kesehatan
  • Anti bakteri
  • Anti inflamasi
  • Mengobati Sakit perut
  • Obat untuk penyakit sifilis
  • Mengandung Anti jamur
  • Mengatas masalah obesitas
  • Mengobati masuk angin
  • Mencegah dan mengobati Kanker usus besar
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Menurunkan tekanan darah
  • Menghangatkan tubuh
  • Mengatasi TBC
  • Meningkatkan stamina
  • Mencegah tumor
  • Obat maagh kronis
Itulah 25 manfaat kayu secang untuk kesehatan manusia. Memang memiliki aroma khas, maka untuk memberikan rasa yang lebih enak, anda bisa mencampurnya dengan bahan lain untuk mendapatkan aroma yang lebih nikmat seperti kayu manis, gula aren, jahe atau cengkeh.

sumber : NarayanCraft

resep masakan, masak masakan, makanan, bubur, resep, resep gado gado, resep cilok, masakan nusantara, resep masakan jawa, masak masakan kue, resep masakan indonesia, masakan indonesia, memasak kue, resep takoyaki, resep masak cumi, resep nasi kuning, resep nasi bakar, resep kue lapis, resep udang, resep cumi, resep bubur ayam, resep puding, resep ayam penyet, resep bakwan, resep sambal, resep es krim, resep seblak, resep brownies kukus, resep brownies, cara membuat kue kering, resep kue basah

Subscribe to receive free email updates: